Kamis, 06 Oktober 2016

Beberapa Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Sebelum Olahraga


JELAJAH – Olahraga sangat bermanfaaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia dari berbagai macam penyakit. Dengan berolahraga dapat membuat jantung menjadi sehat, merampingkan tubuh, menormalkan tekanan darah, membakar lemak, melancarkan aliran darah dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Sebelum melakukan kegiatan berolahraga tentunya kalian sudah menyiapkan berbagai keperluan yang harus anda siapkan. Tapi, tahukah kalian ada beberapa hal yang tidak boleh kalian lakukan sebelum berolahraga? Nah berikut ini tim redaksi sudah merangkum 5 pantangangan yang tidak boleh dilakukan sebelum berolahraga.

1. Mencoba Menyentuh Jari Kaki Kalian

Banyak dari kalian yang melakukan pemanasan membungkukkan badan untuk menyentuh jari kaki. Ternyata pemanasan seperti itu dilarang, karena saat berolahraga tubuh perlu berkontraksi seintens dan sekuat mungkin, jadi jika kalian melemaskan otot-otot sebelum berolahraga, kalian malah membatasi otot-otot untuk bekerja secara efisien.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research, para pelaku olahraga yang melakukan pelemasan otot sebelum berolahraga mengurangai kekuatan otot mereka sebanyak 8,36 persen, dan menurunkan kestabilan tubuh sebanyak 22,68 persen. Nah kalian jangan melakukan pemanasan pelemasan otot sebelum olahraga yaa.

2. Terlalu Banyak Minum Air

Saat berolahraga kalian tentunya membutuhkan air minum untuk menggantikan cairan tubuh yang terbuang. Namun, minum terlalu banyak satu jam sebelum mulai berolahraga justru malah memberikan efek buruk. Ginjal kalian dapat memproses satu liter air dalam waktu satu jam, namun jika kalian minum lebih dari itu, kalian bisa menciptakan resiko bagi diri kalian sendiri. Hyponatremia adalah kondisi yang bisa terjadi ketika kalian terlalu banyak minum sebelum berolahraga, dimana darah kalian menjadi lebih encer, kadar sodium ion dalam darah menurun drastis.

Dan dapat mengakibatkan Simptomnya, Simptommya adalah hilangnya energi, otot melemah, dan kram. Dalam bentuk ekstremnya, hyponatremia juga bisa mengakibatkan kejang dan koma. Normalnya untuk minum adalah dua sampai tiga gelas air tiga sampai dua jam sebelum berolahraga. Minum terlalu banyak air juga dapat mengakibatkan mual dan muntah.

3. Bercinta Panas dan Liar 

Berhubunga seks dengan pasangan kalian dapat menurunkan intensitas olahragha kalian, karena kalian sudah banyak menhabiskan banyak energi. Tidak hanya itu, saat bercinta tubuh melepaskan zat oksitosin, yang akan membuat tubuh merasa santai dan tenang. Jadi, jika kalian berencana untuk melakukan olahraga yang banyak mernghabiskan energi, hindari bercinta liar sebelumnya.

4. Hindari Makanan-Makanan Yang Susah Dicerna Oleh Perut

jika kalian berencana melakukan olahraga yang serius dan berat, hindari daging, telur, jagung, dan makanan apapun yang susah dicerna oleh perut kalian. Pilihlah makanan yang ringan, seperti buah dan karbohidrat dalam waktu dua jam sebelum berolahraga. Karena makanan tadi mudah dicerna dan dapat memberi tenaga ekstra untuk menambah intensitas olahraga kalian. Memulai berolahraga saat tubuh kalian masih mencerna makanan yang susah dicerna dapat mengakibatkan kram otot.

5. Minum-Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol akan membuat Anda kekelahan, dehidrasi, mempersempit pembuluh darah, melemahkan sistem motorik, dan banyak efek samping lainnya. Dan yang lebih membahayakan lagi, satu gelas anggur merah saja sudah dapat menurunkan kadar gula darah, yang akan berujung pada gemetar dan otot lemah yang dapat membuat kalian cedera saat berolahraga.


Penulis: Rija Nurjaya

1 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html
Unknown mengatakan...

banyak yg typo nih ka rijaa