Rabu, 12 Oktober 2016

Taman Pandang Istana, Tempat Menyalurkan Aspirasi Dan Kreasi


Denah Taman Pandang Istana
JAKARTA - Ada kabar gembira untuk kalian masyarakat Jakarta, pasalnya kini Jakarta punya taman baru yang unik dan penuh kreasi. Taman yang berada persis di samping gerbang Silang Barat Laut Monumen Nasional (MONAS) kini sudah berubah wajah dan nama. Ya, Taman Apresiasi kini berubah namanya menjadi Taman Pandang Istana. Meskipun bukan masuk dalam spot terbaik dalam memandang istana kepresidenan, ternyata hal tersebut justru dijadikan alasan pemberian nama taman yang belum lama di resmikan ini.  Taman Pandang Istana di resmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama pada tanggal 30 Juli lalu, kini warga Jakarta bisa menyampaikan aspirasi di sarana ruang terbuka hijau melalui beragam kegiatan postif. 

Kutipan Tokoh Pahlawan
Sang desainer, Yasser Rizky berkolaborasi dengan pihak-pihak yang terkait membuat konsep dan desain taman yang terdiri dari bangku taman yang berbentuk potongan huruf, instalasi patung tulisan Ragam Insan, tembok mural dan instalasi pada lantai yang berisi kutipan tokoh ternama Indonesia seperti Muhammad Hatta, Abdurrahman Wahid, Y.B Mangunwijaya, dan Buya Hamka.  

Tempat duduk Berbeda Tapi Satu
“Sebenarnya taman ini dibuat dengan tujuan merayakan keragaman kita, saya harap karya ini bisa berdiri sebagai karya abstrak yang unik yang bisa di nikmati. Karena keberagaman kita adalah suatu kekuatan bukan perpecahan.” Kata Yasser Rizky sang desainer yang ditemui belum lama ini. 

Tembok mural non permanen

Dengan cita-cita untuk memanfaatkan kekuatan seni, budaya, dan kreatifitas dalam melayani kebutuhan masyarakat, Taman Pandang Istana diharapkan dapat mengangkat aspirasi seniman dan komunitas kreatif Indonesia melalui kontribusi nyata di ruang publik.Taman Pandang Istana memang sekilas mirip sebuah mini teater, didukung dengan adanya ruang kosong di tengah taman yang bisa digunakan untuk masyarakat bermain musik atau sekedar menyalarkan aspirasi mereka di seni. Tembok mural juga di buat tidak permanen, sehingga setiap bulan hasil karya seni bisa terus diperbarui dari komunitas seni maupun masyarakat Jakarta yang karyanya bisa di pamerkan.

Patung Ragam Insan
Yang unik dari desain Taman Sudut Pandang ini adalah instalasi patung yang bertuliskan Ragam Insan. Pasalnya ketika pengunjung meilhat tulisan dari sisi dalam, akan nampak tulisan Ragam. Sedangkan dari sisi luar tulisannya terlihat Insan. Instalasi patung ini gabungan dari huruf jenis serif dan sans serif yang menjadi salah satu bentuk respon terhadap ruang keragaman. Selain itu ada bangku taman yang di desain berdasarkan potongan huruf berbunyi ‘Berbeda Tapi Satu’ dengan menggunakan huruf pilihan. Yasser mengaku tidak ada makna khusus dalam pembuatan tulisan, ia memilih pengungkapan makna  emosional yang mengambarkan tentang Jakarta metropolitan yang yang padat dan beragam. 

Taman Pandang Istana penulis jadikan rekomendasi untuk para pembaca blog sebagai tempat yang wajib di kunjungi di Jakarta karena taman ini dinilai berbeda dari taman-taman yang ada di Jakarta. Kalau biasanya taman di Jakarta memiliki luas yang cukup besar dan banyak di tanami oleh pepohonan rindang, taman ini justru hanya memiliki luas tanah yang terhitung kecil dan berada di depan jalan protokol Jakarta.

“Harapannya pengunjung bisa menikmati, duduk-duduk dengan santai. Bisa nongkrong tanpa beli kopi mahal. Nongkrong aja ngga ada tujuan sebagai sarana refleksi. Dan yang terpenting, jangan merusak karena bikinnya cape, haha” Tutup Yasser. 




Penulis : Risky Candra


4 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html
Anonim mengatakan...

Smakin innovative dan maju Jakarta dn Indonesia

Anonim mengatakan...

Kerenan taman jomblo di Bandung ha ha hak

Anonim mengatakan...

Bagus untuk menghabiskan waktu tanpa mengeluarkan uang banyak

Jelajah.com mengatakan...

Hallo Anon 1, 2 dan 3 Terimakasih banyak masukannya :)