Senin, 03 Oktober 2016

Hati-Hati Terhadap Penyakit Mental yang Satu Ini!





JELAJAH – Apakah kalian sering mengalami perubahan perasaan hati yang drastis?, seperti dari suasana hati yang senang kemudian tiba-tiba menjadi sedih, atau dari yang murung, tiba-tiba bisa menjadi sangat bahagia. Ya jika kalian sering mengalami perubahan suasana hati secara tiba-tiba, kalian bisa saja mengidap gangguan “bipolar”.

Banyak yang belum mengatahui penyakit gangguan mental yang satu ini. Gangguan bipolar adalah gangguan mental atau masalah kejiwaan yang menyerang kondisi psikis seseorang yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang sangat ekstrim berupa mania dan depresi, karena itu istilah medis sebelumnya disebut dengan manic depressive.

Pada fase naik (mania) pengidap bipolar akan merasa sangat bergairah seperti sangat bersemangat, banyak bicara, dan enerjik. Pada fase turun (depresi) pengidap bipolar sangat tidak bergairah, seakan tidak mau menjalani hidup, seperti sangat sedih, lesu, dan tidak bersemangat.

Dan parahnya ada juga pengidap bipolar yang mengalami fase campuran, yaitu dimana pengidap mengalami fase mania dan depresi secara bersamaan. Seperti ketika pengidap Susaana hatinya merasa bahagia dan sangat berenerjik, disaat bersamaan juga dirinya merasa sangat sedih dan putus asa.

Penyebab gangguan bipolar sampai saat ini belum diketahui, diduga adanya faktor kelainan pada zat pengantar sinyal di otak. Faktor lainnya yang jangan kalian anggap enteng adalah stres, stres ini diduga dapat memicu terjadinya gangguan bipolar. Seperti stres yang berlebih karena masalah di sekolah, percintaan, dan keluarga. Faktor lainnya yang harus diwaspadai adalah gaya hidup, seperti kecanduan obat-obatan dan minuman terlarang.

Apakah gangguan bipolar ini dapat disembuhkan? Ya gangguan bipolar ini dapat disembuhkan, tetapi dengan pengobatan jangka panjang di dokter.  Jika kalian tidak mau kedokter untuk menyembuhkannya, kalian bisa menyembuhkannya dengan keyakinan diri yang kuat untuk menyembuhkan gangguan bipolar ini dan dianjurkan untuk memperbaiki pola hidup, misalnya dengan cara berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, serta mengadopsi pola makan yang lebih sehat. Percayalah keyakinan untuk sembuh yang kuat adalah obat yang sangat ampuh.


Penulis: Rija Nurjaya

1 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html
Tulisan Puan mengatakan...

Nice pak👍🏻