Sabtu, 01 Oktober 2016

MENYAMBUT 1 MUHARRAM 1438 H



JELAJAH – Tanggal 1 Muharram 1438 Hijriyah adalah tahun baru islam 2016.  Adapun kepastian tentang kapan jatuhnya tahun baru islam 2016 atau 1 Muharram 1438 H kemungkinan besar jatuh pada tanggal 2 Oktober 2016 hari Minggu. Namun untuk penetapannya harus menunggu rukiyah hilal yang akan diselenggarakan Sabtu 1 Oktober 2016 oleh dua Ormas (NU dan Muhammadiyah) hingga hilal benar-benar bisa terlihat secara pasti yang akan dipantau dari berbagai wilayah di Indonesia.

Introspeksi Diri atau Bermuhasabah 

Dengan memasuki tahun baru Hijriyah, kita akan memasuki 1 Muharram. Yang berarti kita akan meninggalkan tahun lalu, dan memasuki tahun baru, yakni tahun baru 1438 Hijriah. Penyambutan tahun baru ini tidak selayaknya seperti yang dilakukan saat merayakan tahun baru Masehi, tetapi merayakannya sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah SAW. Sekarang kita masih hidup, tetapi siapa tahu besok atau lusa atau minggu depan atau bulan depan atau tahun depan, kita akan meninggal dunia. sekarang kita masih dapat menikmati tahun baru Hijriyah, tetapi siapa tahu tahun depan kita sudah tidak ada?. 

Dalam menyambut tahun baru Hijriyah, sangat penting bagi kita untuk berkaca diri, menilai dan menimbang amalan-amalan yang telah kita perbuat dan dosa atau maksiat yang telah kita kerjakan. Penilaian ini bukan hanya untuk mengetahui seberapa besar perbuatan amal atau dosa kita, tetapi agar tahun mendatang lebih baik dengan memperbanyak ibadah dan amal shaleh serta mengurangi perbuatan dosa dan maksiat.

Bulan ini adalah seutama-utamanya bulan bulan untuk berpuasa penuh setelah bulan Ramadhan. Maka itu masih lebih utama daripada melakukan puasa sunnah pada sebagian hari seperti pada hari Arofah dan 10 Dzulhijah. Bulan Muharram memiliki keistimewaan demikian karena bulan ini adalah bulan pertama dalam setahun dan pembuka tahun. Mudah-mudahan apa yang dikemukakan ini menjadi motivasi untuk melaksanakan sunnah Rasulullah SAW, sehingga dapat melaksanakannya sesuai dengan yang semestinya. Wallahu a’lam bish shawab.


Penulis : Felldy Aslya Utama

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html