Senin, 03 Oktober 2016

Mengenal Indonesia lewat Pesona Batik Yang Bernilai Estetik



JELAJAH – Ya pasti para penjelajah udah pada tahu bahwa kemarin bertepatan dengan Hari Batik Nasional. Salah satu warisan budaya Indonesia yang telah dikenal di Mancanegara ini batik mempunyai nilai dan perpaduan seni yang tinggi. Sehingga banyak sekali orang-orang yang terpesona akan keindahannya. Nah disini kami akan memperkenalkan beberapa jenis-jenis batik Indonesia. Tujuannya agar kita sebagai orang asli Indonesia lebih mengenal dan mencintai salah satu kebudayaan batik tersebut dan yang pasti agar batik ini sendiri tidak pudar ditelan pesatnya gaya hidup yang terus berkembang. Oke langsung aja, ini ada beberapa jenis batik yang akan kita kupas dan ulas lebih lanjut.

1.Batik Tulis
Batik tulis dilakukan sepenuhnya oleh keterampilan seorang pembatik, proses pembuatannya diawali dari pembuatan pola atau motif, mengisi pola, hingga pewarnaan.


Pembuatan batik tulis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan. Batik tulis memiliki ciri-ciri yaitu :
  • Warna batik terlihat sama terang pada kedua sisi, karena proses pengerjaan dilakukan di kedua sisi kain.
  • Batik memiliki aroma khas yang terbentuk dari hasil penggunaan malam (lilin) dan proses pewarnaan.

2.Batik Cap
Batik cap dibuat dengan menggunakan bantuan motif batik yang dibuat dalam bentuk stempel atau cap tembaga. Proses pengerjaannya sendiri adalah cap tembaga diberi malam (lilin) panas, kemudian distempelkan di atas kain polos, selanjutnya dilakukan secara terus menerus hingga membentuk motif atau pola yang teratur.


Pembuatan batik memakan waktu kurang lebih 2-3 hari. Batik cap memiliki ciri-ciri yaitu :
  • Warna batik terlihat terang pada satu sisi, hanya bagian dalam nyaris sama dan cenderung lebih buram.
  • Pola atau motif batik senantiasa simetris dan teratur.

3.Batik Sablon atau Printing
Batik printing dibuat dengan menggunakan motif pabrikan atau motif sablon, yaitu motif batik yang telah dicetak secara otomatis.



Batik printing atau batik sablon ini dibuat tanpa menggunakan metode dasar batik, karena dalam pengerjaannya tidak lagi menggunakan proses pencegahan serap warna pada malam (lilin). Batik printing memiliki ciri-ciri yaitu :
  • Pola atau motif tampak rapi dan simetris baik letak maupun ukurannya.
  • Warna batik hanya tampak nyata pada satu sisi kain saja, hal ini dikarenakan proses pewarnaan saat pencetakan dengan mesin hanya terjadi di satu sisi kain saja.
Nah tadi beberapa ulasan jenis-jenis batik beserta pembuatannya. Bagus dan indah kan motif dari batik itu sendiri ? Yuk, sebagai generasi muda bangsa yang cinta dengan warisan budaya Indonesia, kita kenakan batik pada kehidupan sehari-hari dan yang pasti kita perkenalkan Indonesia ke dunia lewat pesona indah batik yang bernilai estetik ini. Salam Batik Indonesia.

Penulis : Felldy Aslya Utama

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html