Jumat, 30 September 2016

MEMPERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA





JELAJAH -- YA, buat para penjelajah masih ingatkah hari ini ada peristiwa apa ? Ya, tepat banget, hari ini merupakan hari Kesaktian Pancasila yang tepat pada tanggal 1 Oktober, dimana hari tersebut seluruh Rakyat Indonesia memperingatinya. Biasanya untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila untuk skala nasional diadakannya upacara di lokasi tempat terjadinya sejarah yaitu Lubang Buaya. Untuk mengingat kembali sejarah dari peristiwa tersebut, kami akan mengulas sejarah singkatnya.

Sejarah Singkat

Penetapan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila berawal dari insiden yang terjadi pada tanggal 30 September 2014. Indisiden ini masih menjadi perdebatan di lingkungan adademisi mengenai siapa penggiatnya dan motif apa yang ada di belakang hal ini. Namun otoritas militer dan kelompok religious saat ini menyebarkan kabar bahwa insiden tersebut merupakan ulah PKI dalam rangka mengubah Pancasila menjadi ideologi bagi kaum komunis.

Pada insiden ini, 6 orang jenderal dan satu kapten serta beberapa orang lainnya tewas oleh oknum-oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta terhadap bangsa mereka sendiri. Para Pahlawan Revolusi yang tewas dalam insiden tersebut adalah Jend. TNI Anumerta Achmad Yani, Letjen. TNI Anumerta Suprapto, Letjen. TNI Anumerta S. Parman, Letjen. TNI Anumerta M.T. Haryono, Mayjen. TNI Anumerta D.I. Panjaitan, Mayjen. TNI Anumerta Sutoyo S, dan Perwira Pertama Kapten CZI TNI Aumerta Pierre Tandean.

Nah karena bertepatan Pada Hari Kesaktian Pancasila, saat ini menjadi saat yang tepat untuk merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila. Hal ini menjadi penting bagi kita para generasi muda bangsa ini sehingga memiliki kebanggaan dan rasa percaya diri yang tinggi terhadap sejarah pembentuk kehidupan negara berbangsa dan bernegara.

Masih saktikah Pancasila?

Banyak wacana muncul akhir-akhir ini yang menyatakan kalau Pancasila sudah tidak sakti lagi atau bahkan di berbagai media memberitakan bahwa Pancasila sudah "dilupakan" di Indonesia. Jadi apakah benar kenyataan itu?
 
Jawabannya adalah ada pada diri kita masing-masing, dan mungkin kita perlu sedikit merenungkan untuk hal tersebut, apakah kita masih berperilaku seperti yang tersirat dalam jiwa pancasila? atau apakah kita sudah melenceng?
 
Melihat perkembangan kondisi di Indonesia belakangan ini mungkin kita menganggap kalau rakyat Indonesia sudah tidak lagi ber"Pancasila" dengan adanya kerusuhan dimana-mana yang timbul karena masalah yang berkaitan dengan sila pertama yaitu "Ketuhanan Yang Maha Esa". Yaitu dengan ricuhnya kelompok agama mayoritas melawan minoritas dengan alasan-alasan tertentu.
 
Padahal kalau kita telaah lagi, terjadinya "bentrokan" seperti itu terkadang belum tentu benar-benar karena soal agama, mungkin karena ada satu alasan kepentingan tertentu yang ingin dicapai oleh "segelintir" personal, maka dengan kekuatannya mereka menggunakan alasan keagamaan untuk mendapatkan tujuannya.
 
Sebaiknya marilah kita lihat saja dengan "kepala dingin", dari jaman dulu kita sudah hidup dengan keragaman, mayoritas dan minoritas tidak perlu dijadikan bahan pertentangan, tapi jadikan itu kekuatan yang tetap menyatukan kita.

Nah, semoga di hari Kesaktian pancasila ini, kita sebagai generasi muda bisa menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila demi menjaga NKRI yang utuh.


Penulis : Felldy Aslya Utama 

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html